Social Icons

Wednesday 7 December 2011

Cara Install Email Menggunakan Thunderbird – Teknologi POP3/SMTP

Thunderbird adalah salah satu Mail Client Program yang menggunakan teknologi POP3/SMTP dan digunakan untuk manajemen email (terima dan kirim email). Teknologi ini merupakan fasilitas standart di hosting kami.
Penggunaan Mail Client Program adalah teknik lain dalam menggunakan email selain mengakses gunakan cara Webmail. Mail Client Program banyak digunakan oleh perkantoran ataupun perorangan yang menginginkan data email langsung tersimpan didalam komputernya. Jika webmail, data email akan tersimpan di server web hosting.
Berikut ini adalah cara install email dengan Thunderbird, namun pastikan Anda telah membuat email dalam cpanel :
1. Download program Thunderbird disini dan install di komputer Anda.

Catatan: ganti the9property.com disana dengan nama website Anda.
2. Klik program Thunderbird. Kemudian klik FILE > NEW > MAIL ACCOUNT, akan muncul jendela Mail Account Setup, isikan sesuai datanya, save password dan klik tombol CONTINUE. Program akan otomatis mencari konfigurasi.

3. Setelah selesai, klik tombol EDIT (disebelah kanan)
- Pada username, isikan alamat email lengkap, misal info@namadomain.com
- Pada Incoming, rubah IMAP menjadi POP. Ubah angka 143 jadi 110. Ubah STARTTLS menjadi NONE.
- Pastikan pada baris OUTGOING, tercantum mail.namadomain.com, SMTP, 25, dan NONE.
- Setelah itu klik tombol RE-TEST CONFIGURATION (sebelah kanan)
- Kemudian muncul tombol CREATE ACCOUNT dan klik tombol tersebut.

- Muncul peringatan, centang I UNDERSTAND THE RISK dan klik tombol CREATE ACCOUNT
Akan muncul nama email Anda di jendela sebelah kiri yang terdiri dari 2 folder : Inbox dan Trash

4. Selanjutnya, klik menu TOOLS > ACCOUNT SETTINGS, tunjuk email yang bersangkutan, lihat jendela sebelah kanan
- Signature, isikan signature jika dikehendaki.

5. Masih di ACCOUNT SETTINGS, tunjuk OUTGOING SERVER (SMTP). Pada jendela kanan klik EDIT pada email yang bersangkutan, pastikan konfigurasinya :
- Server Name : mail.namadomain.com
- Port : 25 (jika nanti kirim email masih error coba ganti ke 26)
- Connection Security : None
- Authentication Method : Password, transmitted insecurely
- Username : email@namadomain.com
- Klik tombol OK, kemudian OK.

6. Selanjutnya, silahkan test kirim dan menerima email. Untuk Donwload email, klik tombol GET MAIL. Untuk kirim email, klik tombol WRITE
READ MORE

Webmail & Setting Microsoft Outlook

Bagi para pengguna web hosting di BOC, kami memberikan 2 cara untuk dapat menggunakan email. Cara pertama menggunakan webmail, diakses dari http://www.domainanda.com/webmail. Cara kedua adalah menggunakan software mail client seperti Microsoft Outlook (Express/Office 2003/Office 2007), Thunderbird, atau Foxmail, dll. Cara pertama, pengguna harus rajin menghapus email-email yang tidak berguna/kadaluarsa (dalam folder inbox, sent item dan trash) agar kuota tidak penuh. Bila kuota penuh, dipastikan Anda tidak bisa menerima email. Cara kedua akan memindahkan semua email dari web server ke PC Anda. Hardisk PC akan bertindak sebagai penampung semua email dan web server hanya bertindak sebagai penampungan sementara saja, karena setelah email terdownload ke PC, maka posisi web server sebagai penampung email akan kembali kosong. Berikut adalah cara mensetting Microsoft Outlook (Express/Office 2003/Office 2007) , Foxmail, Thunderbird.
A. MICROSOFT OUTLOOK EXPRESS
1. Jalankan Microsoft Outloook Express dari Dekstop atau Programs dari PC Anda.
oe1.jpg
oe_2.gif
2. Klik Tools –> Account –> Mail
oe_3.gif
3. Klik Add –> Mail, isikan nama lengkap anda.
oe_4.gif
4. Klik Next, isikan email addres anda.
oe_5.gif
5. Klik Next, isi POP dan SMTP server.
oe_6.gif
Incoming mail (POP3, IMAP or HTTP) server : mail.domainanda.com
Outgoing mail (SMTP) server : mail.domainanda.com
Anda juga diperkenankan untuk menggunakan SMTP server dari ISP yang Anda pakai. Untuk info alamat SMTP nya, silahkan kontak admin ISP yang bersangkutan.
6. Klik next, isikan Account (alamat email lengkap) dan password Anda.
oe_7.gif
7. Klik next, kemudian finish. Klik Properties, klik menu Server, dan kasih tanda centang di kotak My Server Requires Authentication. Klik pada tombol Settings, pilih Use same settings as my incoming mail server. Klik tombol OK. Kemudian klik Apply/OK.
oe_8.gif
My Server Requires Authentication atau dalam bahasa lain adalah SMTP Authentication harus diaktifkan atau email Anda tidak bisa terkirim.
8. Microsoft Outlook Express siap digunakan.
Catatan : silahkan ganti nama baliorange.net dengan domain Anda sendiri. Misal javajoglo.com
B. MICROSOFT OFFICE OUTLOOK 2003
1. Buka Microsoft Office Outlook 2003
2003_1.gif
2. Klik Tools > Email Accounts
2003_2.gif
3. Pilih Add a new e-mail account
2003_3.gif
4. Pilih POP3
2003_4.gif
5. Isikan semua informasi yang tertera dibawah ini dengan menggunakan identitas Anda sendiri. Ganti domain baliorange.net dengan domain milik Anda sendiri.
2003_5.gif
Format untuk POP3 dan SMTP server adalah :
Incoming Mail Server (POP3): mail.domainanda.com
Outgoing Mail Server (SMTP): mail.domainanda.com
6. Aktifkan SMTP Authentication, klik tombol More Settings, pada menu Outgoing Server, centang My outgoing server (SMTP) requires authentication, pilih Use same settings as … Kemudian klik tombol OK dan klik Next.
2003_6.gif
7. Email sudah bisa digunakan, klik Finish.
2003_7.gif
 
 
READ MORE